Kamis, 15 Desember 2011

PERKICI LEMBAYUNG



Perkici Lembayung
Goldie’s Lorikeet
Psitteuteles goldiei (Sharpe, 1882)
Deskripsi
19 cm. Perkici kecil berwarna hijau, tubuh bagian bawah hijau kekuningan bergaris-garis hijau tua. Mahkota kepala merah, pada betina warna merah lebih pudar dan tidak selebar jantan. Bagian belakang kepala biru, pipi ungu tua kemerahan. Paruh hitam, iris mata coklat. Kaki coklat kehijauan. Pada burung muda, warna merah pada mahkota lebih sempit membentuk pola-pola kecil di atas paruh, paruh coklat, mahkota hijau, dan pada bagian belakang kepala biru keabu-abuan.
Suara
Perkikan bernada tinggi khas perkici dengan beberapa getaran tetapi kurang berirama. Lebih tenang tidak senyaring Perkici pelangi. Ketika makan, meneluarkan nada tunggal lembut menyerupai desisan atau bisikan.
http://www.xeno-canto.org/embed.php?XC=23159&simple=1
Persebaran dan Ras
Di seluruh Dataran Tinggi Tengah Papua pada habitat Hutan pegunungan dan tegakan ekaliptus sampai ketinggian 2800m biasanya pada ketinggian 1500-2300m. Kadang juga ditemui di dataran rendah di kaki pegunungan.
Tempat Hidup dan Perilaku
Sering dijumpai dalam kelompok besar sampai 30 individu atau lebih. Terbang jauh dari tempat bersarang sampai ke lokasi pakan di lapisan tengah kanopi pohon berbunga. Terdapat pola pergerakan musiman yang mungkin berhubungan terhadap ketersedaan pakan. Biasanya hidup di hutan pegunungan, tetapi lebih sering terlihat di kota-kota dataran tinggi, khususnya di Dataran Tinggi Tengah Papua.
Status
Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan
tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar