Kamis, 15 Desember 2011

NURI EDWARD


Nuri-ara Edward, Teluk Humbolt Papua © Michael P. Stewart
Scarlet-cheeked Fig-parrot  ( Edward’s Fig-parrot  )
Psittaculirostris edwardsii (Oustalet, 1885)
Deskripsi
18 cm. Bertubuh gempal dengan ekor pendek. Jantan: dahi dan mahkota hijau kekuningan; bagian belakang mata sampai tengkuk hitam; penutup telinga coklat-zaitun, dimana pada bagian belakang terdapat variasi warna perpanjangan bulu merah dan biru ; tenggorokan dan pipi merah; terdapat kalung biru tua di atas dada; Tubuh bagian bawah dari dada sampai perut merah; Tepi penutup sayap bagian dalam merah; sayap bawah bergaris-garis kuning lebar. Paruh au-abu gelap, mata merah. Betina: seperti jantan, tetapi kalung biru tua diatas dada lebih lebar, pada dada bawah sampai perut bagian atas terdapat garis berwarna hijau kekuningan. Remaja: seperti betina dewasa, tetapi memiliki pipi kuning dengan warna merah pada bagian tepi yang bervariasi. Mata merah kecoklatan.
Suara
Ketika terbang bersuara skriit! skriit! keras. Suara ks pendek dan tegas, seperti uang logam yang jatuh ke lantai beton.
Belum tersedia rekaman suara yang diambil dari wilayah Indonesia.
Persebaran dan Ras
Papua bagian timur-laut, dari Jayapura ke timur sampai Semenanjung Huon di Papua Nugini.
Tempat Hidup dan Perilaku
Menghuni hutan dataran rendah lembab, area bekas tebang, tepi hutan, juga tegalan dekat pemukiman sampai ketinggian 800m. Biasanya berpasangan atau dalam kelompok besar yang berisik. Pernah terpantau satu kelompok yang terdiri atas lebih dari 400 individu sedang bertengger di tajuk teratas pohon. Memiliki kemampuan untuk bergerak cepat dan bergelantung pada dahan pohon untuk mendapatkan makanan. Mengunjungi pohon Casuarina dan Beringin untuk memakan buah, nektar, dan sesekali serangga.
Status
Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan
tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar