Kamis, 15 Desember 2011

NURI ARA BESAR

Nuri-ara Besar, Papua © Mehd Halaouate
Flame-headed Fig-parrot  ( Large Fig-parrot )
Psittaculirostris desmarestii (Desmarest, 1862)
Deskripsi
18 cm. Keluarga burung nuri yang bertubuh gemuk dan pendek, dengan kepala yang besar dan ekor pendek; Burung dewasa memiliki dahi  dan kekang jingga/merah, bersambung dengan mahkota dan tengkuk yang berwarna kuning terang; kerah di leher biru bersambung dengan pita merah tua dibawahnya; leher belakang hijau; noktah biru di bawah mata; pipi dan penutup telinga hijau dengan ujung bulu kecoklatan; terdapat noktah biru di sisi dada; bagian dalam penutup ekor jingga; sayap bawah bergaris-garis lebar putih/kuning. Paruh abu-abu/hitam, mata coklat gelap. Remaja: seperti burung dewasa dengan warna kuning pada mahkota lebih pudar.
Suara
Suara terputus-putus, seperti suara palu kecil. Juga suara yang tinggi, semakin rendah dan halus, serta suara berdeklik pendek. Ketika berada dalam sarang, bersuara chet chet gembira dan diulang-ulang.
Belum tersedia rekaman suara yang diambil dari wilayah Indonesia.
Persebaran dan Ras
Di seluruh dataran rendah bagian selatan, Daerah Kepala Burung, dan di lereng utara Semenanjung Papua Nugini. Terdapat enam sub-spesies yang dikenal:
  • blythii (Wallace, 1864) – Misool, Papua Barat.
  • occidentalis (Salvadori, 1875) – Batanta, Salawati dan Daerah Kepala Burung barat.
  • desmarestii (Desmarest, 1826) – Daerah Kepala Burung timur.
  • intermedia (van Oort, 1909) – Semenanjung Onin, Papua.
  • godmani (Ogilvie-Grant, 1911) – Papua bagian selatan sampai kawasan Sungai Fly.
  • cervicalis (Salvadori & D’Albertis, 1875) – Sungai Fly ke timur sampai ujung timur Papua Nugini.
Tempat Hidup dan Perilaku
Menghuni hutan dataran rendah dan hutan perbukitan, hutan sepanjang sungai, tepi hutan dan kadang savana pada ketinggian sampai 1300m, bahkan di kawasan tertentu sampai 1650m. Tergabung dalam kelompok kecil, mencari makan di kanopi teratas pohon berbuah lunak (misal: pohon ara, beringin), makanannya terdiri atas biji, nektar, dan sesekali seranga. Biasanya bersarang secara berkelompok sampai tiga pasang. Burung yang sangat aktif, bergerak cepat antar cabang pohon dan terbang cepat diantara pohon untuk berburu makanan.
Status
Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan
tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar