Kamis, 15 Desember 2011

NURI KELAM / DUSKY LORY

Nuri Kelam, Yapen Papua © Mehd Halaouate
Dusky Lory
Pseudeos fuscata (Blyth, 1858)
Deskripsi
25 cm. Memiliki dua fase warna bulu dengan detil yang bervariasi. Secara umum berwarna coklat/zaitun kelabu; mahkota kuning ; lingkar leher kuning/merah, terkadang memiliki lingkar tambahan pada dada; perut sampai dada bawah kuning atau merah; tunggir putih; penutup sayap bawah coklat dan kuning atau merah; sepasang pita melingkar pada sayap bawah dan tunggir; ekor kuning/zaitun. Paruh jingga gelap. kulit  pada pangkal paruh jingga, mata merah. Remaja: seperti burung dewasa dengan warna kuning atau merah yang lebih banyak pada tubuh bagian bawah; tunggir kuning pucat, paruh coklat/hitam dengan pangkal kuning,  mata kuning/abu-abu.
Suara
Pekikan sangat kuat, parau, mendecit dan menjengkelkan. Khususnya ketika terusik, yang memicu intensitas yang lebih tinggi. Suara panggilan kelompok yang berulang-ulang dan dapat terdengar sampai jarak yang jauh. Terdengar seperti suara Perkici Pelangi, dengan frase yang lebih pendek, lebih keras, bernada lebih meninggi, dan tidak bersambung.
Belum tersedia rekaman suara yang diambil dari wilayah Indonesia.
Persebaran dan Ras
Di seluruh Papua, termasuk Salawati dan Yapen.
Tempat Hidup dan Perilaku
Menghuni berbagai tipe habitat dari dataran rendah, perbukitan, sampai hutan pegunungan dengan ketinggian tidak lebih dari 1500m. Lebih menyukai tepi hutan yang lembab, hutan sekunder, savana, perkebunan dan beberapa perkampungan yang rimbun. Memakan bunga, buah dan serangga. Menyukai hidup dalam kelompok besar dan sangat berisik. Bersidat nomadik dan sangat bergantung pada ketersediaan pakan. Sering terlihat bertengger bersama dalam kelompok besar.
Status
Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan
tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar